Ust.JALALUDDIN,LC,MM * tentang Zakat

Pemateri di Kanindo / BM

Pemateri diKanindo / BMA

MAKNA ZAKAT DALAM AL QURAN DAN HADITS.

Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kekuatan, yaitu kekuatan individu pemeluknya maupun kekuatan jamaahnya. Melalui ajaran-ajaran sucinya, Islam menghendaki terciptanya kekuatan itu. Karena itu diyakini bahwa ajaran Islam menjadi sumber kekuatan itu, baik kekuatan iman, amal, maupun persaudaraan (ukhuwah).

Zakat, adalah salah satu rukun Islam yang sarat dengan muatan kekuatan itu. dalam zakat terkandung kekuatan iman. Sebab, zakat itu shadaqah yang menjadi bukti bagi shidqu imani al muzakki, kesungguhan iman pembayar zakat. Dengan berzakat terbukti keyakinannya bahwa harta dan kekeyaan yang ada digenggamannya adalah milik Allah (Maalika al mulk). Dengan zakat maka keyakinan iman yang ada dalam hatinya dibuktikan dengan amal nyata, dengan mengembalikan harta yang dititipkan oleh Allah, setelah Ia memintanya dalam bentuk zakat. Dengan zakat tercipta kekuatan ukhwah, karena zakat merupakan sarana untuk takaful, saling meringankan beban.

Syariat zakat meniscayakan umatnya untuk menjadi pribadi-pribadi yang kuat secara materi, agar masuk dalam golongan muzakki (yang wajib berzakat). Zakat merupakan bukti bahwa seorang muslim tangguh nilai spiritualnya, meski kecintaan kepada dunia sering melenakannya. Dan zakat itu membuktikan bahwa harta yang dimiliki hanyalah titipan Allah yang mesti dikelola menurut kehendak dan aturan-Nya. Itulah kekuatan spritual.

Zakat merupakan sarana yang dipersiapkan oleh syariat untuk mengokohkan ukhuwah, sekaigus sebagai sarana menciptakan keamanan sosial. Sungguh indah gambaran Al Quran, bahwa ketika muzakki menunaikan zakat dari sebagian hartanya, lalu mustahiq yang menerima zakat tersebut berdoa untuk para dermawan itu; agar memperoleh kesucian hati dan jiwa. Mustahiqqun (kelompok penerima zakat) itu juga bersih hatinya. Tak ada dengki dan dendam. Tak ada iri dan sakit hati. Karena ia telah memperoleh bagian rizki Allah itu melalui saudaranya yang berzakat. Inilah kekuatan ukhuwah.

Definisi Zakat

Zakat barasal dari bahasa Arab berarti berkah (al barakah), bersih (al thaharah), berkembang (al namaa`) dan baik. Dinamakan zakat, karena didalamnya terkandung harapan untuk beroleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan. Bagi orang yang mengeluarkan zakat, hati dan jiwanya akan menjadi bersih, dan kekayaanya akan bersih pula, sebagaimana firman Allah SWT dalam surah at- Taubah ayat 103 yang artinya:

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103)

Secara istilah zakat adalah sejumlah harta tertentu yang diwajibkan oleh Allah SWT untuk diberikan kepada para mustahik (kelompok yang berhak), sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran surat al Taubah ayat 60.

Zakat merupakan ibadah maaliyah yang menyangkut harta benda dan berfungsi sosial. Ibadah ini diwajibkan atas kaum muslimin saat Nabi Muhammad Saw berada di Madinah. Nabi pun menguatkan perintah berzakat ini sekaligus mengutus sahabat-sahabatnya untuk menyampaikan kepada kaum seluruh kaum muslimin. Dalam sebuah hadis sahih, ketika Rasulullah saw memberangkatkan Muaz bin Jabal ke Yaman beliau berpesan, “Beritahulah mereka, bahwa Allah mewajibkan membayar zakat (sedekah) dari harta orang kaya yang akan diberikan kepada fakir miskin di kalangan mereka.” (Shahih Bukhari dan Muslim)

Hukum Zakat

Zakat itu wajib. Zakat merupakan pilar agama yang mengokohkan bangunan Islam. Bagi yang mengingkari kewajiban zakat dan enggan membayarnya berarti keluar dari bangunan agama Islam. Penegasan kewajiban ini disebutkan dalam Al-Quran, antara lain firman Allah SWT yang berarti,

“Dirikanlah shalat, bayarlah zakat dan rukuklah bersama orang yang rukuk.” (Q.S. Al-Baqarah, 43)

Juga dalam firman-Nya yang berarti, “Dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia hak tertentu buat orang yang meminta-minta dan orang yang tidak bernasib baik.” (Q.S. Al Ma’arij, 24-25)

Disebutkan dalam hadis Nabi saw yang diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a., ”Saya diperintahkan untuk memerangi semua orang sampai mereka mengakui bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, mereka menegakkan shalat, membayar zakat dan saling memberi nasihat kepada sesama muslim.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda, “Bagi orang yang memiliki emas dan perak (harta) dan tidak membayar zakatnya, maka nanti di hari kiamat akan dipanaskan sebuah lempengan besi lalu disetrikakan ke badan, dahi dan punggungnya. Bila sudah dingin, akan dipanaskan kembali di hari yang panas terik yang lamanya sama seperti 50 ribu tahun, hingga diputuskan nasib manusia, apakah ke surga atau ke neraka.” (H.R. Muslim).

MANFAAT ZAKAT

1.     Zakat merupakan rukun ketiga diantara rukun-rukun Islam yang, dalam Al-Qur’an maupun Hadits, hampir senantiasa digandengkan dengan shalat. Dan Islam tidak akan tegak kecuali dengan ditegakkan seluruh rukunnya, termasuk dalam hal ini zakat, sebagaimana sebuah bangunan tidak akan tegak kecuali jika tegak seluruh tiang penyangganya.

2.     Zakat merupakan bukti dan parameter keimanan serta keislaman seseorang. Maka, tidak berzakat bagi yang mampu menunjukkan adanya “cacat” dalam keimanan dan keislamannya.

3.     Zakat merupakan salah satu sumber kekuatan bangunan ekonomi umat, disamping merupakan salah satu faktor penting untuk mewujudkan tanggung jawab sosial dan keseimbangan dalam distribusi harta. (Lihat QS Al-Hasyr : 7)

4.     Jika ditunaikan dan dikelola dengan benar, zakat merupakan solusi terbaik untuk memberantas kemiskinan di kalangan umat Islam dan negeri-negeri muslim.

5.     Zakat merupakan wujud dan bukti rasa syukur seorang mukmin atas kelapangan rizki yang telah diberikan oleh Allah kepadanya.

6.     Zakat berfungsi untuk menyucikan jiwa muzakki dari sifat kikir, zhalim dan cinta dunia, sekaligus membersihkan jiwa para fakir miskin dari sifat benci dan dengki terhadap orang-orang kaya.

7.     Zakat berfungsi sebagai pembersih harta pemiliknya. Harta yang tidak dizakati adalah harta yang kotor karena masih tercampur dengan hak milik orang lain, karena bagian dua setengah persen yang harus dibayarkan itu misalnya, sudah menjadi hak milik sah para mustahiq (para fakir miskin dan lain-lain; lihat QS At-Taubah : 60).

8.     Zakat, sebagaimana juga infaq dan shadaqah, tidak akan mengurangi harta tetapi justru akan menambahnya, baik menambah nominalnya ataupun barakahnya.

9.     Dengan berzakat, seseorang akan terbebas dari ancaman siksaan pedih di Neraka, sebagaimana dinyatakan oleh Allah dalam QS Ali Imran : 180 dan QS At-Taubah : 34 – 35.

10.  Orang yang berzakat, sebagaimana juga yang berinfaq dan bershadaqah, akan dicintai oleh Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman. Dan hal ini akan mewujudkan eratnya jalinan ukhuwah dalam tubuh masyarakat muslim.

(Penulis adalah pegiat dakwah, Dosen Ekonomi Islam UIN Malang.) Kontribusi tulisan ini, dikirim langsung oleh beliau lewat email hari Rabu, 05 Januari 2011 / 30 Muharram 1432H, ke baitulmaalassalam@yahoo.co.id & makin.udin@yahoo.co.id.

Tentang https://baitulmaalassalam.wordpress.com

Baitul Maal AsSalam (BMA) | Lembaga ZAKAT | Zakat FITRAH | Zakat MAAL | Zakat PROFESI | Zakat Perdagangan | Zakat Pertanian | AMIL Zakat | Zakat perhiasan | INFAQ | Shodaqoh | WAKAF | Hibah | Sedekah | Shodaqoh Jariyah | Infaq ONLINE | Wakaf TUNAI | Wakaf Produktif |Corporate Social Responsibility (CSR)| Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Dompet Dhuafa (DD)| Lembaga zakat, mengajak disiplin berinfaq, shodaqoh, zakat, minimal 2,5% dari setiap rizki. Untuk menyempurnakan taqwa..mewujudkan lembaga ZAKAT yang amanah dan profesional menuju kemandirian bangsa. hubungi pak MAKIN, 0852-3496-4872 / 0341-8106395 / 0341-8140141. KANTOR BMA / KANINDO SYARIAH JATIM, da.JL.RAYA SENGKALING 293 DAU MALANG JATIM. http://baitulmaalssalam.wordpress.com
Pos ini dipublikasikan di Media Informasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s