Artikel BMA

Artikel
Marahlah secara benar
Written by Administrator
Saturday, 13 February 2010 08:42
Apa pula ini? Masak marah aja ada aturannya. Emang sih kamu berhak meluapkan amarah, tapi dalam banyak situasi ada batasan-batasannya. 

Misalnya, kurang menguntungkan bila kamu marah-marah di depan kelas. Bahkan meskipun kamu merasa benar dan dapat menunjukkan semua bukti dan argumen yang mendukung. Soalnya, orang lain akan cenderung berisikap defensif dan parahnya bisa berkembang pada keinginan balas dendam. Demikian dituturkan Dr. Sandra Thomas, R.N, Ph.D seorang peneliti perihal amarah dan direktur Center for Nursing Research di University of Tennese, Knoxville.

Asal tahu aja, tidak hanya etika sosial budaya menyebabkan kita kudu membatasi rasa marah tapi masalah kesehatan juga ikut berperan. “Ketika marah, tubuh kita mengalami berbagai perubahan fisiologis, karena amarah memicu reaksi melawan atau lari,” kata Christopher Peterson, PhD, pengarang Health anda Optimism dan dosen psikologi di University of Michigan, Ann Harbor.

Last Updated ( Saturday, 13 February 2010 08:45 )
Read more…
7 KIAT MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DI KANTOR
Written by Administrator
Saturday, 13 February 2010 08:36
Emosi adalah hal begitu saja terjadi dalam hidup Anda. Anda menganggap bahwa perasaan marah, takut, sedih, senang, benci, cinta, antusias, bosan, dan sebagainya adalah akibat dari atau hanya sekedar respon Anda terhadap berbagai peristiwa yang terjadi pada Anda. 

Membahas soal emosi maka sangat eratan kaitannya dengan kecerdasan emosi itu sendiri dimana merupakan kemampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadap frustasi, mengendalikan dorongan hati (kegembiraan, kesedihan, kemarahan, dan lain-lain) dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan mampu mengendalikan stres.

Kecerdasan emosional juga mencakup kesadaran diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri, empati dan kecakapan sosial. Ketrampilan yang berkaitan dengan kecerdasan emosi antara lain misalnya kemampuan untuk memahami orang lain, kepemimpinan, kemampuan membina hubungan dengan orang lain, kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim, membentuk citra diri positif, memotivasi dan memberi inspirasi dan sebagainya.

Read more…
Cara Cerdas Memanfaatkan Waktu (Bag 3)
Written by Administrator
Saturday, 13 February 2010 08:04
21.   Ini cara untuk merencanakan hari Anda, baik itu di pagi hari atau di malam hari   sebelumnya.(1)di selembar kertas tuliskan jadwal pertemuan yang sudah ditulis di kalender saku Anda; (2) lihat daftar  di buku catatan  Anda, dan daftar  tugas penting yang harus dikerjakan hari ini; (3) tambahkan ± 15 menit untuk istirahat demi menyeimbangkan hidup Anda.  

22.   Belajarlah berbicara dan menulis secara jelas dan padat. Baca buku, ikut   kursus,   dan   sampaikan   pendapat   Anda   sesederhana   mungkin. Jika seseorang meminta Anda 1000 kata, jangan memberi dia 1200 kata. Jika Anda diminta untuk berbicara 30 menit, jangan berbicara 40 menit. Terlalu   banyak   kata   dapat   membuang   waktu   Anda  dan orang lain sia-sia.

23.   Apakah   daftar   ”LIST   TO   DO”   harian   Anda   dipenuhi   dengan   banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan? Jangan ragu untuk menentukan prioritasnya.     Pilih  maksimal      3  tugas    penting    yang memungkinkan   untuk   Anda   kerjakan  setiap   harinya. Ingat   seorang manajer   yang   sangat   efektif   hanya   memilih   3   tugas   yang menjadi prioritas utama setiap harinya. Ketika mereka selalu bias menyelesaikan   setiap   tugas   yang   ada   dalam   daftar   ”LIST   TO   DO”  harian mereka, semangat mereka akan semakin bertambah.

Last Updated ( Saturday, 13 February 2010 08:52 )
Read more…
Cara Cerdas Memanfaatkan Waktu (Bag 2)
Written by Administrator
Saturday, 13 February 2010 07:54
Langsung lanjut ke 10 cara lain menggunakan waktu dengan cerdas 

11.   Apakah Anda pernah berpikir untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk mengisi waktu yang tercuri dari Anda? Jika Anda mengetahui bahwa Anda akan menunggu ketika janjian dengan seseorang, atau makan siang Anda akan ditunda setengah jam lagi, atau teman yang menjemput Anda terlambat karena macet, dsb. Maka Anda perlu menggunakan waktu tsb untuk membaca buku, menulis rencana dalam buku kecil Anda, atau pekerjaan kecil lainnya yang bermanfaat. Selalu siapkan di kopor Anda sesuatu yang bisa dikerjakan untuk mengisi waktu-waktu yang tercuri tersebut.

12.   Suatu ketika Anda merasa sangat lelah dan tertekan, cobalah teknik relaksasi ini : sisihkan waktu untuk melihat dan mengamati suatu benda (batang pohon, bentuk awan, dll). Tarik nafas dalam-dalam dengan perlahan dan lepaskan. Teruskan sambil mengamati obyek tersebut. Setelah 15–20 menit, Anda akan merasa sedikit lebih nyaman.

Last Updated ( Saturday, 13 February 2010 08:29 )
Read more…
Cara Cerdas Memanfaatkan Waktu (Bag 1)
Written by Administrator
Saturday, 13 February 2010 07:35

Part 1

Waktu, taukah anda apa itu waktu? Ada yang bilang waktu itu adalah uang. Tidak salah memang karena sifat dari waktu itu sendiri yang membuatnya jauh lebih berharga dari pada sejumlah uang. Jika waktu begitu berharga, adakah cara agar waktu yang terjadi dalam hidup kita bisa bermanfaat dengan lebih baik?

Berikut ini beberapa cara agar kita bisa menjadikan setiap waktu kita lebih bermanfaat

1.    Waktu adalah penyeimbang yang luar biasa. Tak peduli siapa Anda, berapa uang yang Anda punya, atau dimana Anda hidup di muka bumi ini, kita semua memiliki waktu 24 jam yang sama dalam 1 hari. Waktu anda adalah sumber yang sangat berharga. Jangan pernah sia-siakan waktu.

2.    Benda-benda yang berserakan di rumah dapat memperlambat langkah Anda dengan cara mengalihkan perhatian dari apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan. Untuk mengontrolnya, bersihkan, dan tata rapi semua benda-benda setiap kali Anda selesai melakukan suatu pekerjaan.

Last Updated ( Saturday, 13 February 2010 08:28 )
Read more…

Tentang https://baitulmaalassalam.wordpress.com

Baitul Maal AsSalam (BMA) | Lembaga ZAKAT | Zakat FITRAH | Zakat MAAL | Zakat PROFESI | Zakat Perdagangan | Zakat Pertanian | AMIL Zakat | Zakat perhiasan | INFAQ | Shodaqoh | WAKAF | Hibah | Sedekah | Shodaqoh Jariyah | Infaq ONLINE | Wakaf TUNAI | Wakaf Produktif |Corporate Social Responsibility (CSR)| Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Dompet Dhuafa (DD)| Lembaga zakat, mengajak disiplin berinfaq, shodaqoh, zakat, minimal 2,5% dari setiap rizki. Untuk menyempurnakan taqwa..mewujudkan lembaga ZAKAT yang amanah dan profesional menuju kemandirian bangsa. hubungi pak MAKIN, 0852-3496-4872 / 0341-8106395 / 0341-8140141. KANTOR BMA / KANINDO SYARIAH JATIM, da.JL.RAYA SENGKALING 293 DAU MALANG JATIM. http://baitulmaalssalam.wordpress.com
Pos ini dipublikasikan di Media Informasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s